Inovasi Canggih Fast Charging Mobil Listrik Karya Anak Bangsa

Inovasi Canggih Fast Charging Mobil Listrik Karya Anak Bangsa

Inovasi Canggih Fast Charging Mobil Listrik Karya Anak Bangsa

JAKARTA– Inovasi canggih terus berkembang dalam berbagai kiprah anak bangsa dewasa ini. Salah satunya adalah inovasi di bidang otomotif. Saat ini Indonesia akan menuju era mobil listrik sesuai rancangan dan rencana pemerintah untuk menurunkan emisi gas buang di tahun 2020 sebesar 20%. Salah satu solusi untuk mewujudkan rancangan itu adalah dengan mengurangi mobil berbahan bakar bensin dan menggantikannya dengan mobil listrik.

Sesuai dengan rancangan pemerintah tersebut Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus melakukan pengembangan untuk mobil listrik, serta infrastrukturnya yang 100% karya anak bangsa. Teknologi terbaru yang berhasil diciptakan oleh BPPT adalah menciptakan stasiun pengisian atau Elektric Vehichel Charging Station (EVCS) yang bisa melakukan pengecasan listrik lebih cepat. EVCS telah resmi di luncurkan dengan melakukan uji coba perjalanan mobil listrik menuju Puspitek Tanggerang, Rabu, 5 Desember 2018.

Acara peluncuran dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Selain itu juga hadir pada undangan, antara lain perwakilan dari Duta Besar Kerajaan Spanyol di Indonesia serta koordinator ahli dari BPPT. Dalam acara peluncuran EVSC Jendral TNI (Purn) Moeldoko sangat mengapresiasi inovasi canggih karya anak bangsa tersebut karena perubahan memang harus segera dilakukan di Indonesia sesuai dengan prediksi di masa mendatang yang akan mengandalkan teknologi baterai yang canggih.

inovasi-canggih-fast-charging-mobil-listrik-karya-anak-bangsa-3

“Kalau bukan sekarang kapan lagi? Seperti yang pernah saya katakan masa depan adalah baterai dan baterai adalah masa depan, ” tegas Moeldoko di area Parkir BPPT.

Sejalan dengan program percepatan mobil listrik nasional, pada tahun 2018 BPPT menyiapkan 2 sistem charging statioin di BPPT Jakarta dan smart charging station di Puspitek Tangerang Selatan yang hari ini diluncurkan. ”BPPT sudah menyiapkan 2 sistem fast charging dan hari ini akan akan dilakukan uji coba dari Jakarta sampai ke Puspitek Tangerang,” ujar Agung Nugroho, Koordinator Tenaga Ahli BPPT.

Inovasi ini sangat didukung oleh berbagai elemen bangsa agar bisa terus dikembangkan dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Inovasi ini juga akan turut berperan menyelamatkan sumber daya alam Indonesia agar tidak habis karena kebutuhan bahan bakar untuk kendaraan kendaraan yang ada.

inovasi-canggih-fast-charging-mobil-listrik-karya-anak-bangsa-2

Close