Kantor Staf Presiden Mengapresiasi Langkah Inovasi Desa dalam Melakukan Sinergi

Kantor Staf Presiden Mengapresiasi Langkah Inovasi Desa dalam Melakukan Sinergi

Kantor Staf Presiden Mengapresiasi Langkah Inovasi Desa dalam Melakukan Sinergi

Desa Cibulan, Kabupaten Kuningan adalah sebuah contoh sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, pemerintah desa, dan warga desa. Sinergi tersebut terlihat dari upaya yang dilakukan pemerintahan desa memanfaatkan lahan bekas tambang pasir untuk di tanam dengan kedelai.

Tenaga Ahli Madya Kantor Staf Presiden, Enda Ginting ikut menghadiri kegiatan tanam perdana kedelai di Desa Cibulan pada tanggal 21 Februari 2019 di lahan bekas tambang pasir di Desa Cibulan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Dihadiri Bupati Kuningan, jajaran pemerintah Provinsi Jawa Barat, jajaran pemerintah Kabupaten Kuningan dan seluruh elemen pemerintah Desa Cibulan, kelompok tani melakukan penanaman perdana tanaman kedelai.

“Inovasi ini patut ditiru dan di viralkan agar mudah di contoh” kata Enda. Inovasi yang dilakukan oleh Pemdes pada dasarnya adalah memanfaatkan beberapa lahan bekas tambang galian pasir. Lahan-lahan ini kemudian digabung dengan beberapa lahan milik masyarakat dan kemudian di tanami dengan kedelai. Pendanaan untuk bibit didapatkan dari Dana Desa desa Cibulan dan Pemdes menerapkan aturan dimana seluruh perangkat desa harus ikut memiliki porsi lahan yang di kerjakan agar masyarakat juga ikut giat.

desa-cibulan-2

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengurangi potensi kerusakan lingkungan dari sisa lahan galian tambang yang belum di reklamasi. Selain penanaman, desa juga membuat kerjasama dengan beberapa rumah sakit agar kacang kedelai yang sudah di olah oleh badan usaha desa tersebut menjadi komoditas prioritas dalam penyediaan makanan di rumah sakit. Pemerintah Kabupaten Kuningan ikut membantu dalam upaya ini.

Dana Desa di Desa Cibulan juga dimanfaatkan untuk menyediakan berbagai kebutuhan petani untuk bisa mengolah kedelai hasil panennya nanti. Pemerintah kabupaten juga menyediakan beberapa program pertanian terkait seperti penyediaan alat-alat tani dan Pemerintah Provinsi juga ikut memberi sumbangsih melalui program kepemudaan pemprov.

Dihadiri sekitar 500 warga yang antusias dengan penanaman perdana tahun 2019 ini, kegiatan ini juga diliput oleh berbagai media. Kepala Desa juga menyampaikan, pemdes melakukan kerja sama dengan beberapa organisasi berburu dan menembak untuk membantu mengurangi gangguan hama binatang di desanya.

Pada kesempatan ini, disepakati juga bahwa sinergi kegiatan dan program kementerian dan lembaga, dengan sinergi program dana desa adalah salah satu faktor penentu keberhasilan kegiatan. Selain itu, dibutuhkan niat baik serta keinginan menyelaraskan tujuan antara Pemerintah desa, provinsi, dan kabupaten.

Enda juga menyampaikan banyak terima kasih kepada segenap warga Desa Cibulan dan jajaran Pemerintahan Desa karena sudah bekerja keras menjadikan kedelai sebagai komoditas terpilih, dan sudah berhasil memanfaatkan lahan tidur. Namun juga bahwa upaya ini juga memiliki aspek pengelolaan lingkungan yang baik. “Lebih mudah menunjukkan keberhasilan yang dilakukan sebuah desa seperti Desa Cibulan ketimbang menghabiskan energi untuk hal-hal yang tidak membangun dan negatif” kata Enda dalam penutup sambutannya.

Close