Categories
Berita Berita KSP COVID-19 Kedeputian

KSP Skrining Para Pegawainya dengan GeNose C-19

JAKARTA – Kantor Staf Presiden (KSP) ikut berupaya mencegah penyebaran Covid-19 dengan menggelar skrining massal para pegawainya mengunakan GeNose C-19. Skrining massal ini  berlangsung selama dua hari yakni Rabu dan Kamis (10-11 Februari 2020). Total, seluruh pegawai KSP yang akan mengikuti tes GeNose c-19 berjumlah 254 orang. Penerapan tes ini akan berlangsung secara berkelanjutan sehingga bisa menekan penyebaran Covid-19.

Hasil deteksi Genose C19 bukan alat diagnosa melainkan bagian dari penerapan program testing, tracing, dan treatment (3T). Dengan begitu, jika ada yang dinyatakan positif melalui hasil tes GeNose C-19, maka bisa melakukan tes ulang hingga tiga kali. Adapun jika tetap dinyatakan positif, maka orang tersebut bisa melanjutkan diagnosa melalui PCR test. Deteksi GeNose C-19 terhadap pegawai KSP akan dilakukan secara berkala.

GeNose C-19 merupakan alat skrining buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan dukungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Alat GeNose C-19 ini pun telah diserahterimakan kepada Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko pada awal Januari 2021.

Saat itu, Moeldoko menyampaikan, pihaknya akan menyosialisasikan penggunaan GeNose C-19 ke berbagai lapisan. “Karena ini merupakan sebuah inovasi dan merupakan alat yang diperlukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” tutur Moeldoko.